Iklan
PKB

Petunjuk Umum Fasilitasi bagi Mentor PKB


Dalam sistem pembelajaran Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring Kombinasi, mentor berperan sebagai pendamping bagi peserta di dalam pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring. Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi mentor di setiap kelas kelompok modul untuk memberikan kontribusinya agar pembelajaran lebih terarah dan tercipta komunitas pembelajaran, baik antar sesama peserta maupun antar mentor dengan peserta.

Berikut adalah aktivitas mentor yang akan dilakukan di setiap sesi pembelajaran:

  1. Mentor harus selalu melakukan komunikasi secara daring melalui message yang tersedia dalam sistem, namun apabila memungkinkan dapat melalui chat di setiap sesi, pesan singkat, telepon atau e-mail.
  2. Mentor harus melakukan komunikasi secara tatap muka dengan peserta setiap minggu selama 2 JP terhitung sejak Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring dilaksanakan
  3. Menjembatani dan memfasilitasi kegiatan web conference dengan menyepakati jadwal web conference bersama peserta dan pengampu pada sesi tersebut.
  4. Memastikan bahwa peserta melakukan setiap kegiatan yang tertuang di dalam sesi pembelajaran dengan memeriksa rekaman kegiatan daring (log activity) melalui Activity Completionsecara berkala.
  5. Melaporkan hasil kemajuanpeserta di setiap akhir sesi kepada pengampu di kelas modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring
  6. Aktif memonitor dan memfasilitasi peserta di dalam Forum Umum yang tersedia untuk mendukung dan memfasilitasi peserta berdiskusi mengenai bahasan di dalam setiap sesi
  7. Memantau diskusi peserta pada Forum Sesi di semua sesi, jika ada jawaban dan respon dari peserta tidak sesuai baik dari segi kualitas (kesesuaian dengan pertanyaan) dan kuantitas (jumlah kata) maka pengampu dapat memberikan komentar melalui message yang dikirimkan langsung kepada peserta.
  8. Memberikan semangat dan mengingatkan peserta untuk menyelesaikan tugas secara daring maupun luring
  9. Memantau dan memberikan umpan balik terhadap tugas yang diunggah peserta
  10. Memastikan bahwa peserta mengumpulkan setiap pekerjaan/kegiatan yang ditugaskan dan harus diunggah di dalam e-portfolio.
  11. Memantau refleksi yang dituliskan peserta melalui blog refleksi di setiap sesi inti dan memberikan tanggapan apabila diperlukan.

Selama kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring berlangsung, Saudara juga dapat memberikan penghargaan berupa berbagai macam pin, kepada peserta yang memiliki salah satu kriteria sebagai berikut:

  1. Paling aktif melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring setiap bulannya
  2. Memberikan tanggapan yang bermutu di dalam forum pada setiap sesi
  3. Paling menginspirasi selama kegiatanPengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring
  4. Paling banyak membuat blog selama kegiatanPengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring
  5. Paling baik dalam membuat blogdi dalam refleksi pada setiap sesi

Peran serta dan partisipasi aktif Saudara akan sangat mendukung kelancaran dan keefektifan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda Daring Kombinasi.

Sumber : http://p4tksb.org/gp

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: