Iklan
CERITA PENDIDKAN, FREEDOM DIARY, KARYA TULIS, Soal MTK, VIDEO TUTORIAL

Ca Jantung untuk Satuan Panjang, Luas, dan Volume


Sobat setia Galeri Pendidikan Dasar, rasanya sudah lama sekali saya tidak mengisi blog kita tercinta ini. Setelah Lomba Blog yang lumayan menyita waktu dan pikiran, saya memutusakan rehat sejenak dari dunia perblogan, ternyata berhasil dan rehatnya kebablasan hehe. Oke langsung saja, tulisan yang akan diulas kali ini merupakan pengalaman saya di masa lampau. Entah dulu dapat ilmu dari siapa, tapi yang jelas sangat sayang kalau ilmu ini tidak ditularkan.

Sobat setia pastinya sangat menyukai matematika (tidak semua), kali ini postingan kami mengupas tentang matematika terutama materi satuan panjang, luas, dan volume. Ketiga materi tersebut masuk ke dalam kisi-kisi yang akan diujikan kepada siswa kelas VI. Perhatikan soal-soal berikut ini !

  1. Paman membeli kayu sepanjang 7,5 meter. Kayu tersebut akan digunakan untuk membuat kursi kecil 30 dm dan papan kayu 150 cm. Berapakah meter sisa kayu Paman ?
  2. Sebuah sekolah menempati tanah seluas 15 ha. Di sekolah tersebut berdiri gedung yang luas totalnya 115 are. Berapakah dam2 luas halaman sekolah tersebut ?
  3. Akuarium berbentuk kubus dimasuki air sebanyak 125 cm3 . Jika 25 cc air tersebut tumpah, maka berapakah ( ml) air yang tersisa ?

Soal pertama merupakan satuan panjang, soal kedua satuan luas, dan ketiga satuan volume.  Bagaimanakah cara mengerjakan soal-soal di atas ? untuk dapat mengerjakan ketiga soal tersebut, kita cukup menyamakan satuan menjadi satuan yang diminta. Satuan panjang memiliki aturan naik satu dibagi 10 dan turun satu dikali 10. Satuan luas memiliki aturan naik satu dibagi 100 dan turun satu dikali 100. Sedangkan satuan volume memiliki aturan naik satu dibagi 1000 dan turun satu kali 1000. Dengan mengikuti ketiga aturan tersebut pastinya soal-soal di atas dapat dipecahkan dengan baik. Tetapi masalahnya tidak semudah itu, banyak angka decimal atau angka yang kalau dibagi/ kali membutuhkan teknik yang baik dan realitanya hanya beberapa persen siswa dapat menguasai dengan baik.

Terus bagaimana solusinya ?

Kita dapat mencoba menggunakan cara Jantung ( Jembatan Gantung) begitu kelas kami menyebutnya. Dengan cara tersebut mengerjakan soal-soal di atas akan terasa lebih mudah. Syarat untuk membuat jembatan jantung adalah satuan tersebut tidak boleh ada pangkatnya (pangkat 2/pangkat 3). Dari syarat tersebut hanya satuan panjang yang dapat memenuhinya, lalu bagaimana dengan satuan luas dan volume ? Untuk kedua satuan tersebut kita dapat menggunakan sinonim satuan matematika, Maksudnya ?

Oke Ini contohnya :

hm2= ha, dam2 = are, m2 = ca

m 3 = kl (kilo liter), dm3 = liter, cm3 = ml/cc

Jika satuan tersebut sudah dikonversi dengan sinonimnya, maka kedua satuan tersebut menjadi memenuhi syarat.

Lalu bagaimana caranya ?

Oke ditunggu saja di video tutorial kami. Terima kasih       

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: