Iklan
CERITA PENDIDKAN, FREEDOM DIARY

Sistem Pendidikan di Negara Maju


Sistem Pendidikan di Inggris
Inggris dikenal dengan standar pendidikannya yang tinggi, sistem pendidikan Inggris telah banyak mempengaruhi banyak negara dan adalah rumah untuk beberapa universitas terkenal.
Sekolah Dasar
Pendidikan wajib di Inggris dimulai dari usia 5 tahun dengan sekolah dasar. Siswa naik dari kelas 1 sampai 6 tanpa ujian, meskipun kemampuan mereka diuji di usia 7 tahun. Penekanan ada pada belajar secara praktikal dibandingkan menghafal. Siswa belajar mata pelajaran inti seperti Inggris, matematika dan sains, juga pelajaran dasar seperti sejarah, geografi, musik, seni dan olahraga.

Sistem Pendidikan Jepang
Pendidikan Wajib
Wajib sekolah berlaku bagi anak usia 6 sampai 15 tahun, tetapi kebanyakan anak bersekolah lebih lama dari yang diwajibkan. Tiap anak bersekolah di SD pada usia 6 tahun hingga 12 tahun, lalu SMP hingga usia 15 tahun. Pendidikan wajib ini bersifat cuma-cuma bagi semua anak, khususnya biaya sekolah dan buku. Untuk alat-alat pelajaran, kegiatan di luar sekolah, piknik dan makan siang di sekolah perlu membayar sendiri. namun bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu mendapat bantuan khusus dari pemerintah pusat dan daerah. Di samping itu ada juga bantuan untuk kebutuhan belajar, perawatan kesehatan, dan lain-lain. Seorang anak yang telah tamat SD diwajibkan meneruskan pendidikannya ke jenjang SMP. Dengan demikian, sekolah wajib ditempuh selama 9 tahun; 6 tahun di SD dan 3 tahun di SMP.[7]
Hampir semua siswa di Jepang belajar bahasa Inggris sejak tahun pertama SMP, dan kebanyakan mempelajarinya paling tidak selama 6 tahun. Mata pelajaran wajib di SMP adalah bahasa Jepang, ilmu-ilmu sosial, matematika, sains, musik, seni rupa, pendidikan jasmani, dan pendidikan kesejahteraan keluarga. Berbagai mata pelajaran tersebut diberikan pada waktu yang berlainan setiap hari selama seminggu sehingga jarang ada jadwal pelajaran yang sama pada hari yang berbeda.  sumber :https://rhyanie.wordpress.com/sistem-pendidikan-di-negara-maju/

Sistem pendidikan Finlandia

Negara pertama yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia. Dari tahun ke tahun sistem pendidikan di Finlandia selalu menduduki perinkat teratas. Bahkan sebuah survey global mengatakan, Finlandia disebut sebagai Negara dengan kualitas hidup nomor wahid di dunia. Pemerintah Negara Finlandia memang memberikan andil besar dalam hal ini. Pemerintah Negara ini ikut terjun langsung dalam mengawasi sistem pendidikannya. Finlandia memiliki keunggulan dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Sedikitnya ada 5 hal yang menjadikan Finlandia sebagai Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia peringkat pertama. Diantaranya, pilihan sekolah di Finlandia hanya sedikit dan semuanya dikelola oleh pemerintah, tidak ada tugas rumah, tidak ada ujian nasional, kurikulum pendidikan yang fleksibel, dan guru dengan kualitas terbaik. Semua itu diterapkan pemerintah Finlandia. Meskipun hanya memiliki sekolah sedikit, tapi Finlandia membuktikan bahwa mereka mampu memiliki sistem yang terbaik. Sekolah yang sedikit serta guru dengan kualitas terbaik adalah kuncinya.

Sistem Pendidikan Korea Selatan

Sama seperti di Indonesia dan Negara-negara lain, Korea Selatan juga menerapkan sistem pendidikan dalam beberapa jenjang, yaitu pendidikan primer, pendidikan sekunder, dan pendidikan tinggi. Sistem Pendidikan di Korea Selatan adalah 6-3-3-4, yang terdiri dari 6 tahun SD, 3 tahun SMP, 3 tahun SMA dan 4 tahun perguruan tinggi. Untuk jenjang pendidikan primer dari SD hingga SMP semua biaya sekolah ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan untuk jenjang pendidikan tingkat SMA dikenakan biaya, tapi hanya setengahnya karena setengahnya lagi ditanggung pemerintah. Sistem pendiaikan dari jenjang pendidikan pra sekolah hingga perguruan tinggi terbagi menjadi dua semester pertahunnya. Libur yang diberikan setiap sekolah pun tergolong lama. Sekolah di Korea Selatan akan diliburkan pada musim panas, liburan musim dingin dan musim semi. Para siswa di Korea Selatan juga dididik dengan keras dan cermat. Dimulai dari usia 3 tahun anak-anak di Korea Selatan sudah diperbolehkan masuk sekolah. Dukungan pemerintah dibidang pendidikan juga sangat tinggi. Hal inilah yang menjadikan sistem pendidikan di Korea Selatan salah satu yang terbaik di dunia.

Sistem Pendidikan Singapura

Negara yang terkenal dengan patung merlionnya ini memang menjadi sasaran empuk orang Indonesia untuk menempuh pendidikannya di Negara tetangga ini. Sistem pendidikan di Singapura juga tak kalah dengan Finlandia. Terbukti dengan banyaknya orang sukses lulusan Negeri Singa ini. Kualitas pengajar dan infrastruktur yang memadai membuat Singapura menjadi salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Untuk tingkat pendidikan pra-sekolah dan sekolah dasar sebetulnya hampir sama seperti yang diterapkan di Indonesia. Waktu belajarnya pun tergolong mirip. Sedangkan untuk tingkat menengah, kurkulum sistem pendidikannya sedikit berbeda. Untuk tingkat menengah ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu GCE N (Normal) dan GCE O (Ordinary). Kelompok GCE O sendiri terdiri dari siswa-siswa berprestasi. Jenjang pendidikan sekolah menengah di Singapura dilaksanakan selama 4 tahun. Jika siswa dari kelompok GCE N ingin mendapatkan sertifikat GCE O maka harus melakukan ujian di tahun ke lima. Itu tandanya waktu belajarnya ditambah satu tahun. Singapura sendiri memiliki sistem pendidikan yang mendarah daging. Para siswa dituntut harus mengajukan pertanyaan dan mencari jawabannya dengan cara memecahkannya secara bersama-sama. Hal inilah yang membuat Singapura menjadi salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Sistem Pendidikan Kanada

Kanada juga termasuk ke dalam daftar Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara ini menerapkan sistem pendidikan yang mencakup sekolah privat dan sekolah swasta. Sistem tersebut termasuk perguruan tinggi, institute kejuruan, sekolah menengah, sekolah bahasa, dan universitas. Sama seperti Negara lainnya, tingkat pendidikan di kanada juga terbagi menjadi tiga, yaitu pendidkan tingkat dasar, tingkat menengah dan perguruan tinggi. Di Kanada tidak ada peringkat resmi untuk institusi pendidikan tertentu. Namun, kita akan menemukan berbagai sekolah berkualitas diseluruh pelosok Kanada. Terlepas dari itu, pengajar dan siswanya yang bertanggung jawab mampu mengukuhkan Negara ini sebagai salah satu Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

sumber : http://warungkopi.okezone.com/thread/397041

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

2 thoughts on “Sistem Pendidikan di Negara Maju

  1. Menurut data sekarang, Finlandia bukan lagi terbaik, saya lupa urutan berapa, tapi masih 10 besar,

    Indonesia semoga menjadi yang terbaik dan teraktual untuk keberagaman budaya dan pembangunannya…

    Posted by ghozaliq | 3 Desember 2016, 09:10

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: