Iklan
SERTIFIKASI GURU

Catatan Pelaksanaan PLPG 2016


Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Tahun 2016 Sub Rayon 141 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hari Pertama (Rabu, 26 Oktober 2016)

Hari pertama PLPG dilalui dengan dua kali kegiatan :

Kegiatan Pertama, kuliah umum yang dibawakan oleh Panitia Sertifikasi Guru dan Perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dijelaskan bahwa kegiatan PLPG akan dilaksanakan sampai tahun 2019. Pendidikan tersebut dilaksanakan untuk mendukung visi pemerintah yaitu menjadikan Indonesia masuk ke 12 besar dunia pada tahun 2025 dan masuk ke 8 besar pada tahun 2045.

Kegiatan Kedua, materi yang diampu oleh Bapak Harjo berisikan tentang Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Dalam modul Kebijakan Profesi Guru terdapat 6 dan 1 bab tambahan. Ke tujuh bab yang di maksud adalah : Kebijakan Pembinaan dan pengembangan Profesi Guru, Kompetensi Guru, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Penilaian Kinerja Guru, Pengembangan Karier Guru, Etika profesi, dan Literasi.  Pembelajaran menerapkan metode diskusi, satu rombel dibagi menjadi tujuh kelompok. Setiap kelompok melakukan diskusi tentang materi Kebijkan Pengembangan Profesi Guru. (Setiap peserta diharapkan membawa modul KPPG)

Hari Kedua (Kamis, 27 Oktober 2016

Kegiatan Pertama diisi materi bidang studi. Bidang studi yang pertama di bahas adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dalam pembelajaran IPS terdapat 3 karakter yang harus diperhatikan yaitu karakter siswa, mata pelajaran, dan media. Karakter siswa sekolah dasar usia 6-12 masuk ke dalam operasional konkret. Artinya siswa sekolah dasar perlu mmendapatkan pembelajaran yang materinya tida abstrak. Mengingat mata pelajaran IPS berkarakter abstrak, maka guru harus mengkonkritkannya menggunakan media pembelajaran. (benda nyata, video, gambar, dsb) . Ilmu yang mengawali semua ilmu pendidikan sosial adalah geografi. Karena Geografi mempengaruhi manusia dalam segoi ekonomi, sosiologi, antropologi, dan sejarah. Dalam  mengajarkan IPS guru harus sering “dolan” agar mempunyai banyak materi real dalam kehidupan sehari-hari.

Tema Pembelajaran IPS yang perlu dikembangkan oleh guru :

  1. Pendidikan Nilai/ Value of Education dengna menunjukkan norma yang baik di sekolah dan mengklarifikasi nilai-nilai tersebut kepada siswa.
  2. Pendidikan Multi Kultural dengan menanamkan perbedaan adalah hal yang wajar dan menghormati perbedaan etnik.
  3. Pendidikan Sebagai Pendidikan Global dengan memberikan pengetahuan tentang dunia.

Kegiatan Kedua diisi materi bidang studi Bahasa Indonesia. Kegiatan diisi dengan membahas materi yang ada di modul-modul Bahasa Indonesia. Untuk dapat memperlancar teknik membaca siswa dapat menggunakan metode AISM (Anak Islam Suka Membaca). Siswa yang belum memiliki motivasi untuk membaca yang cukup, guru dapat memulainya dengan mencontohkan atau menjadi suri tauladan kepada siswa.

Kegiatan ketiga diisi materi bidang studi matematika . Kegiatan diisi dengan membahas materi dan mencoba mengerjakan soal-soal UTN/UKG.

Hari Ke-3

Hari ketiga masih diisi tentang materi bidang studi yaitu Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan ,dan Ilmu Pengetahuan Alam

Hari Ke-4

Hari keempat diisi dengan materi pedagogik sampai pukul 19.30. Malam harinya mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Tertulis Lokal yang diselenggarakan oleh UMS.

Hari Ke-5

Hari kelima diawali dengan Ujian Tulis Lokal. Dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai 08.40 atau selama 100 menit. Soal Ujian Tulis Lokal dari UMS berbeda dengan tahap pertama. Berikut sedikit gambaran soal-soal Ujian Tulis Lokal yang kami laksanakan pada pagi hari tadi. Peserta diberikan sebuah kasus seorang guru yang salah satu contoh deskripsinya adalah : Ibu Winda tidak bisa mengoperasikan perangkat komputer untuk menunjang pembelajarannya. Peserta diminta menjelaskan apakah Ibu Winda seorang guru profesional atau tidak ? Bagaimanakah cara kepala sekolah dalam membimbing Ibu Winda ?  Pada soal terakhir berisi deskripsi tentang seorang siswa yang selalu terlambat masuk kelas dalam pelajaran tertentu. Peserta diminta mengidentifikasikan masalah dan membuat judul PTK untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Setelah kegiatan UTL peserta harus membuat RPP kurikulum 2013 yang lengkap, watu untuk membuat RPP dibatasi sampai pukul 19.30. Setelah itu RPP ditandatangani oleh instruktur dan dipersiapkan untuk dipresentasikan esok harinya oleh peserta. Saran kami untuk sobat galeri yang akan atau mau berangkat PLPG, persiapkan buku guru/siswa kelas 1 dan 4 revisi 2016.

Hari Ke Enam, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah mempresentasikan RPP yang telah dibuat pada hari kelima. Setiap peserta mendapatkan kesempatan satu persatu untuk mempresentasikan RPP. Presentasi dibagi menjadi 3 tahap, tahap pertama absen 1-10 menjelaskan tentang KI, KD, dan Tujuan Pembelajaran. Absen 11-20 menjelaskan tentang materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran. Absen 21-32 menjelaskan tentang penilaian dan lampiran. Kegiatan berakhir pada pukul 17.00. Berikutnya hasil UTL dipajang di masing-masing rombel hasilnya hampir 30 % peserta tidak lulus. Peserta yang tidak lulus mengulang pada keesokan harinya.

Hari Ke Tujuh, kegiatan hari ini sama dengan hari kelima yaitu membuat RPP lengkap. Kegiatan dimulai pukul 09.00 karena paginya digunakan untuk ujian ulang UTL tahap 1. Kegiatan ini membutuhkan fisik dan psikis yang prima. Peralatan yang dibutuhkan seperti buku guru/siswa, printer, dan alat tulis sangat diperlukan.

Hari Ke Delapan, kegiatan hari ini yaitu peer tecahing pertama. Peer teachin pertama ini bersifat latihan. RPP yang digunakan untuk peer teaching bebas. Kelompok peer teaching berjumlah 10-12 orang. Setiap peserta melaksanakan peer teaching selama 40 menit . Sebelum peer teaching peserta harus mempersiapkan segala sesuatunya seprti media, alat, strategi belajar, dan lain sebagainya.

Hari Ke Sembilan, kegiatan hari ini sama dengan kegiatan hari sebelumnya. Bedanya, hari ini peer teaching dinilai dan nilainya nanti menentukan kelulusan. Peserta yang belum lulus peer teaching akan mengulanginya pada hari Jumat.

Hari Ke Sepuluh, Kegiatan pada hari ini adalah peer teaching ulang. Peserta yang mengikuti peer ulang adalah mereka yang belum mendapatkan nilai cukup di ujian mengajar. Bagi mereka yang lulus peer teaching maka hari ini sudah tidak ada kegiatan apapun dan boleh meninggalkan hotel/check out.

Hari Ke Sebelas, kegiatan hari ini adalah UTN/UKG. Peserta yang mengikuti UTN adalah mereka yang belum mendapatkan nilai 80 di UKG 2015. UTN dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta di Sukoharjo.

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

2 thoughts on “Catatan Pelaksanaan PLPG 2016

  1. Keren amat cuuuyyy… UTL e lulus ? Olih nile pira? hehehehehe…..

    Posted by tikafaozi | 1 November 2016, 10:43

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: