Iklan
CERITA PENDIDKAN, FREEDOM DIARY

Sekolah Mahal ! Tren, Kebutuhan, atau Gengsi ?


Akhir-akhir ini orang tua di Indonesia  lebih memilih sekolah yang mahal nan jauh daripada sekolah yang telah tersedia di lingkungan masing-masing. Mereka rela membayar mahal dan repot untuk antar jemput anak demi mendapatkan pendidikan dari sekolah yang mahal tersebut. Fenomena tersebut berbanding lurus dengan menjamurnya sekolah-sekolah mahal baik yang berbasis agama maupun yang berlabel Internasional. Banyak alasan yang dikemukan oleh para orang tua. Beberapa alasan yang dikemukan orang tua contohnya :

  1. Ingin anaknya mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi
  2. Supaya anaknya mendapatkan pendidikan agama yang lebih mumpuni karena di lingkungannya pendidikan agama kurang ditekankan.
  3. Mengikuti tren yang sedang berkembang
  4. Biar terjaga gengsinya dengan menyekolahkan anaknya di sekolah mahal atau super mahal

Sebenarnya sah-sah saja mereka memilih sekolah yang terbaik untuk anaknya. Asal siap biaya yang besar, sekolah mahalpun No Problem. Yang perlu diingat, sekolah mahal belum tentu berkualitas. Lihat saja kasus yang terjadi di sekolah JIS. Sekolah yang super mahal seperti itu dan seakan-akan menjadi tempat yang paling aman bagi siswa ternyata malah menjadi tempat yang sadis. Bagi para orang tua yang ingin memilih sekolah untuk anak, hendaknya teliti dulu sekolah tersebut dengan cara mencari info sebanyak-sebanyaknya. Jangan sampai dengan label mahal kita sudah langsung percaya akan kualitas tinggi sekolah tersebut.

Sekolah yang baik akan memberikan pendidikan dan pengajaran yang baik  dan hal tersebut tidak hanya berlaku untuk sekolah mahal. Banyak sekolah murah bahkan gratis tetapi memliki kualitas yang tidak kalah dengan sekolah mahal. Jangan sampai kita memilih sekolah hanya berdasar tren ataupun gengsi. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak kita. Toh, yang sekolah bukan kita melainkan anak kita. Bagi para guru berlomba-lombalah memciptakan sebuah sekolah yang murah, ramah, berkualitas, dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Buatlah pendidikan berkeadilan. Buatlah pendidikan berkualitas menjadi hal yang dapat dinikmati semua orang.

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: