Iklan
CERITA PENDIDKAN, FREEDOM DIARY

Cara Memulai Pembelajaran dengan Super


[000216]

Gambar Ilustrasi

Uraian cara memulai pembelajaran dengan super semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru sekalian

  1. Rancanglah pembelajaran Anda sebaik mungkin sehingga memudahkan Anda melaksanakanya. Tuliskan dengan jelas dan rinci apa yang akan siswa dan Anda lakukan dalam pembelajaran.
  2. Tetapkan indikator pencapaian pembelajaran di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Anda secara operasional dan jelas. Tetapkan pula metode dan media pembelajaranyang akan Anda gunakan serta uraikan penggunaanya.
  3. Milikilah dokumen-dokumen penting, seperti kurikulum, silabus, dan sistem penilaian yang mendukung tugas profesional Anda.
  4. Kuasai materi jauh lebih banyak dari yang Anda ajarkan, Bersiaplah untuk membelajarkan siswa yang berkemampuan lebih selain siswa yang lambat.
  5. Mulailah mempelajari dengan tepat waktu. Ucapkan salam dan tanyakan kondisi siswa agar suasana lebih hangat dan tidak kaku. Sebarkanlah pandangan ke seluruh siswa sehingga mereka merasa diperhatikan keberadaanya.
  6. Sadarkan siswa akan manfaat pembelajaran yang akan mereka ikuti dengan mengaikannya dengan masalah nyata atau materi yanh telah siswa ketahui.
  7. Pastikan siswa telah menguasai materi prasyarat dengan memberikan pertanyaan lisan atau tes tertulis singkat  di awal pembelajaran.
  8. Berikan gambaran siswa tentang kompetensi yang harus mereka kuasai, kegiatan pembelajarn yang akan mereka lakukan, dan tugas-tugas yang akan mereka kerjakan.
  9. Sesekali tanyakan kepada siswa, pembelajaran seperti apa yang mereka kehendaki, agar mereka akan merasa dilibatkan dalam pembelajaran.

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

One thought on “Cara Memulai Pembelajaran dengan Super

  1. Gimana ya….? Kami punya lembaga PAUD (TK/RA, KB, TPA, dan SPS. Tapi sebagian wali murid tidak mampu membayar SPP. Sehingga guru-gurunya pada keluar, karena tidak ada dana opersional pendidikan.

    Posted by Santosa | 16 Juni 2015, 10:06

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: