Iklan
CERITA PENDIDKAN, FREEDOM DIARY

Tiga Hal Penting dalam Mengajar Siswa Sekolah Dasar


Foto0280Anak berusia 7 – 12 tahun termasuk dalam golongan siswa tingkat sekolah dasar. Untuk mengajar mereka memang gampang-gampang susah. Gampang karena materi yang diajarkan relatif mudah kita pelajari, susah karena banyaknya siswa dengan berbagai karakter. Ada anak yang sangat mudah untuk menangkap pelajaran tetapi banyak juga anak yang sangat susah menerimanya. Bahkan tidak memberi perhatian saat guru sedang mengajar.  Di sini saya akan sedikit menulis tentang beberapa hal penting dalam mengajar siswa sekolah dasar.

  1. Berikan kesempatan siswa untuk bermain secara bebas diluar kelas.
  2. Gunakan materi pelajaran SBK dengan baik. SBK tidak hanya identik dengan menggambar adan menyanyi. SBK dapat merangsang kreatifitas dengan banyak membuat kerajinan atau pra karya dengan bahan-bahan yang sederhana. Menurut guru Finlandia mata pelajaran terpopuler di kalangan siswa Finlandia adalah art and craft terutama kerajinan kayu (woodwork). Di sebuah presentasi salah seorang guru Finlandia memaparkan jumlah jam per mata pelajaran di sekolah dasar. Ternyata total waktu untuk Art and Craft sebesar 180 menit per minggu, lebih banyak dari matematika yang memakan waktu 135 menit perminggu (Sebagai catatan pembelajaran bahasa yang paling besar alokasi waktunya, hingga 315 menit per minggu). Kenapa demikian? Karena kreatifitas dianggap sangat penting, maka mata pelajaran art and craft diposisikan pada urutan atas pula.
  3. Cukup lazim di sekolah-sekolah Finlandia bahwa guru mengajar kelompok siswa yang sama selama beberapa tahun, bahkan ada yang bisa selama keseluruhan 6 tahun di sekolah dasar. Dengan cara ini guru bisa lebih mengenal siswanya dan menyesuaikan cara penyampaian pelajaran. Guru juga dapat memantau perkembangan akademik, sosial dan emosionalnya dengan lebih baik.

Tentunya hal yang saya sampaikan masih banyak kekurangan, maka dari itu silakan para pembaca untuk menambah melalui kolom komentar. 

sumber:www.bincangedukasi.com

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
Iklan
%d blogger menyukai ini: