Iklan
CERITA PENDIDKAN

Mengapa Siswa di Kota Lebih Unggul Daripada di Desa ?


guru profesionalSaat ujian berlangsung, baik itu Ulangan Semester, Ulangan Tengah Semester, atau Ulangan Kenaikan Kelas. Saya selalu mengernyitkan dahi, bagaimana tidak ? Banyak siswa yang bertanya tentang arti dari kosa kata yang terdapat di naskah soal tersebut. Hal tersebut selalu terjadi berulang-ulang. Dari kejadian tersebut sebenarnya saya juga mendapatkan kesan positif sari para siswa, yaitu mereka mempunyai daya ingin tahu yang besar. Tapi tetap saja saya bingung, kok anak seusia mereka (kelas 5 SD) masih belum menguasai kosa kata secara luas ? (dibuktikan dengan pertanyaan mereka tentang kata di naskah soal tersebut. Perlu diketahui bahwa sekolah saya terletak di pedesaan. Kelemahan mereka pada penguasaan kosa kata tersebut sangat berpengaruh pada kemampuan menyelesaikan soal matematika terutama soal cerita. Mereka begitu lemah dalam mengerjakan soal bertipe seperti itu.

Saat saya pulang dan mulai memberikan LES kepada siswa saya yang berada di kota (sekolah di kota). Mereka begitu menguasai soal-soal yang bertipe cerita. Berbanding terbalik dengan siswa yang berada di pedesaan. Mengapa seperti itu ?  Inilah beberapa hal yang menyebabkan siswa yang sekolah di kota lebih unggul daripada di desa,

  1. Guru di kota mengajar menggunakan bahasa sehari-hari siswa di kota,  sehingga mereka lebih paham dalam memahami penjelasan guru.
  2. Soal ujian menggunakan bahasa yang sudah sangat dikuasai oleh siswa di kota.
  3. Guru di desa mengajar menggunakan bahasa yang mungkin kurang dipahami siswa, sehingga mereka bingung dan memilih diam karena takut bertanya.
  4. Proses pembelajaran bahasa yang tidak sempurna di daerah pedesaan. Hal ini dapat terjadi karena sekolah kekuarangan tenaga pengajar.
  5. Sumber belajar siswa di desa menggunakan bahasa yang kurang dikuasai oleh siswa.
  6. Siswa desa masih mengalami kendala kekurangan minat dalam membaca buku.
  7. Wali siswa di kota lebih memeiliki rasa kepedulian terhadap pendidikan putra putrinya.

Itulah enam alasan mengapa siswa di kota lebih unggul daripada di desa, tentu saja keenam alasan tersebut tidak bersifat mutlak atau masih bisa diperdebatkan. Tetapi yang jelas semoga seluruh siswa di berbagai tempat mendapatkan pendidikan yang merata.

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

Belum ada komentar.

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
Iklan
%d blogger menyukai ini: