Iklan
KARYA SISWA

5 Hal Penting dalam Pembuatan Tape Berbahan Dasar Ubi Kayu


Siapa tidak tahu tape ? Tape adalah salah satu makanan lezat khas Indonesia yang berbahan dasar ubi kayu atau singkong. Dalam pembuatannya ubi kayu harus difermentasikan terlebih dahulu. Di daerah saya Purbalingga makanan ini lazim disebut tape. Namun, di daerah lain seperti Jawa Barat makanan ini lazim disebut Peyem. Membuat tape memang susah-susah gampang. Gampang cara membuatnya tapi susah menghasilkan tape yang mempunyai rasa lezat. Di bawah ini akan saya paparkan beberapa point penting dalam pembuatan tape. Hal tersebut saya peroleh dari hasil praktik membuat tape bersama anak didik saya.

  1. Jenis ubi kayu. Jenis ubi kayu sangat berpengaruh kepada enak dan tidaknya tape yang dihasilkan. Semakin unggul jenisnya tape akan semakin mempunyai rasa yang enak.
  2. Banyak sedikitnya ragi. Jumlah ragi yang ditaburkan hendaknya jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak maka rasa tape menjadi agak pahit.
  3. Hasil Kukusan Ubi Kayu. Sebelum ubi kayu ditaburi oleh ragi, ubi kayu terlebih dahulu dikukus sampai setengah matang. Yang perlu diingat jangan sampai mengukus ubi kayu terlalu lama apalagi kalau terlalu lunak maka rasa tape kurang lezat.
  4. Penutup. Setelah ubi kayu ditaburi ragi secukupnya, maka harus segera ditutup agar proses fermentasi dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan tape yang berkualitas. Jangan suka membuka penutup sebelum waktunya.
  5. Waktu Fermentasi. Perlu diperhatikan untuk waktu fermentasi bekisar antara 2 – 3 hari, jangan terlalu gegabah untuk dibuka serta jangan terlalu lama dibukanya.

Demikianlah 5 kesimpulan yang dapat kami tarik dari percobaan pembuatan tape dalam mata pelajaran TTGA untuk hari Rabu, 12 September 2012. Dari 4 kelompok yang membuat, 1 kelompok telah berhasil membuat tape yang berkualitas dan mempunyai rasa yang lezat. Sedangkan untuk kelompok lain masih harus mencoba membuat tape kembali.

Untuk para pengunjung, jika anda mempunyai tambahan hal-hal lain yang mempengaruhi dalam pembuatan tape. Silakan isi kolom komentar di bawah ini. Pendapat anda akan kami tambahkan ke adalam postingan kami. terima kasih, Semoga bermanfaat !

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

2 respons untuk ‘5 Hal Penting dalam Pembuatan Tape Berbahan Dasar Ubi Kayu

  1. kenapa harus menggunakan ubi kayu gan???
    terimakasih

    Posted by duniateknik.web.id | 25 Desember 2012, 14:38

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
Iklan
%d blogger menyukai ini: