Iklan
CERITA PENDIDKAN, FREEDOM DIARY

13 Tips Menjadi Bendahara BOS


Assalamualaikum para pengunjung, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara menjadi bendahara BOS. Kita ketahui bersama, menjadi bendahara BOS bukanlah perkara yang mudah karena dibutuhkan ketekunan dan keahlian. Banyak guru yang merasa kewalahan (termasuk saya) khususnya pada guru sekolah dasar karena di sd tidak ada tenaga  tata usaha so semua pekerjaan harus diselesaikan oleh guru pada sekolah tersebut.

Saya mulai saja 13 tips Menjadi Bendahara BOS :

  1. Selalu ingat kepada ajaran agama. Dengan ajaran agama kita akan senantias terkontrol, apalagi kita selalu berurusan dengan uang.
  2. Menjadi pribadi yang jujur. Jujur adalah modal utam menjadi sesorang yang dapat selalu kita percaya. Jika kita sudah tidak jujur dalam melaporkan BOS, bisa jadi celaka yang akan menghampiri kita.
  3. Teliti dan tekun. Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menanggulangi atau mencegah jangan sampai kita salah dalam menghitung keuangan sekolah yang akhirnya akan merugikan diri kita sendiri.
  4. Sabar dalam perilaku. Menjadi bendahara BOS adalah salah satu jabatan yang riskan. Jabatan ini dibenci tetapi juga dicintai (You know my mind). Sabar dalam berperilaku, karena menjadi bendahara selalu banyak halangan berupa omongan orang yang mungkin negatif karena kita ini karena kita itu dan sebagainya.
  5. Buatlah RAB untuk mengontrol dan mempermudah pelaporan dana BOS.
  6. Selalu Konsultasikan Pengeluaran Kepada Kepala sekolah atau guru yang lebih senior. Jangan sampai kita bertindak sendiri dalam membelanjakan dana BOS.
  7. Selalu sedia slip penarikan yang sudah dilengkapi dengan tanda tangan, KTP Kepala sekolah dan KTP bendahara. Hal tersebut akan mempermudah penarikan BOS jika salah satu pengelola BOS tidak berada di tempat.
  8. Lengkapi Buku Administrasi Keuangan BOS. Memang sangat merepotkan, tetapi bila dikerjakan akan membawa manfaaat yang sangat baik. Laporan keuangan kita lebih akuntabel.
  9. Kerjakan Buku Administrasi Secara Rutin. Agar kita tidak mengerjakan administrasi secara bruk-brukan, lembur atau wayangan. Administrasi harus dikerjakan secara rutin, misalnya setelah pulang sekolah. Jangan sampai administrasi tersebut malah membuat repot kita karena dikerjakan secara serempak.
  10. Gunakan Software BOS untuk mempermudah pengelolaannya. Software BOS dapat di unduh di sini
  11. Usahakan mengajak orang lain atau pihak yang berwajib untuk mengambil dana BOS tersebut. Hal ini mencegah kemungkinan perampokan saat kita mengambil dana BOS.
  12. Hindari berpakaian dinas dalam pengambilan dana BOS. Perampok  banyak berkeliaran di bank dan mencari mangsa orang-orang yang memakai pakaian dinas.
  13. Hindari mampir ke suatu tempat setelah mengambil dana BOS. Banyak kejadian dana BOS dirampok saat yang empunya sedang mampir contohnya di warung dan sebagainya.

Demikian 13 tips yang dapat saya sampaikan.  Semoga yang saya tulis bisa berguna bagi para pengunjung sekalian. terima kasih

Wassalamulaikum wr wb

ARTIKEL LAIN YANG MUNGKIN ANDA TERTARIK :

Iklan

About wildanrahmatullah

Seorang guru sekolah dasar yang masih mencoba mencari hakikat dari mengajar dan mendidik yang sebenarnya

Diskusi

One thought on “13 Tips Menjadi Bendahara BOS

  1. mau tanya pak. begini apakah konsekwensi nya apabila kita guru aktif bila tetap menolak dan tidak mau menjadi bendahara sekolah walaupun dipaksa..???????????

    Posted by mbah bekjo | 8 Februari 2013, 17:24

Silakan tulis apa yang anda pikirkan setelah membaca artikel kami

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan
Follow Galeri Pendidikan Dasar on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: